Ulang Tahun Keenam Bahasa Jepang Bareng (6年目の記念日) | Menuntut Ilmu Bahasa Jepang Bersama

1 Februari 2014 yaitu tanggal lahirnya blog bahasajepangbersama.com ini. Kini sudah tahun 2020 itu artinya blog ini sudah memasuki tahun keenamnya. Wah , tak terasa ternyata BJB ini sudah berumur 6 tahun ya guys. Hari ini , 1 Februari 2020 Riizhu akan membahas hal-hal apa saja yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun belakangan dalam petualanganku belajar bahasa Jepang dan mengorganisir blog ini. Tak lupa juga membahas rencana-rencana apa yang bakal kulakukan untuk satu tahun ke depannya.
Logo BJB

Hal-hal yang Terjadi di Tahun Ke-6 BJB


(Makin) Jarang Aktif di Sosmed BJB

Sayang sekali , tahun ini pun saya juga jarang update blog. Paling menulis 2 postingan sebulan , jumlah yang sungguh sedikit dibandingkan tahun-tahun permulaan ngeblog. Memang sudah menerka sih tahun ini bakal jarang buka blog.

Daftar komentar yang perlu dimoderasi juga banyak menumpuk. Maaf banget ya , tidak dapat balas komentarnya satu satu. Moushi wake arimasen (T.T).

Berhasil Lulus N2

Lulus JLPT N2

Ini hal yang paling membahagiakan di tahun ini , yaitu bisa lulus JLPT N2 dalam sekali coba. Yeaah , akibatnya gak tidak bermanfaat modal banyak dan nekat nyeberang pulau sendirian XD. Alhamdulillah ya Allah , makasih banyak.

Kemarin JLPTnya saya memutuskan ambil di kota Surabaya. Testo wa totemo tanoshikatta yo. Ujiannya sungguh menggembirakan sekali. Soalnya di Surabaya kan testnya hanya di satu lokasi , yaitu di Unesa , jadi lebih seru deh , gak nyesal deh pilih JLPT di Surabaya.

Aku juga mengucapkan terima kash banyak pada Apriyono facebook yang sudah membantuku banyak selama di Surabaya. Aku sungguh terbantu sekali , saya eksklusif disambut sehabis keluar bandara Juanda , trus eksklusif diantarin ke kawasan penginapan. Trus besoknya berangkat bareng , lusanya diajak keliling Surabaya juga , terakhir besok lusanya diantarin lagi ke bandara buat pulang. Hontou ni arigatou gozaimashita. Semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT. Aamiin.

Tidak banyak pencapaian di tahun ini , alasannya yaitu nyaris setengah tahun konsentrasi antisipasi ambil N2 untuk pertama kalinya. Sama menyiapin mental juga buat safar ke luar kalimantan untuk pertama kalinya , dan eksklusif nekat berlayar sendirian. Kaprikornus perlu waktu untuk meyakinkan diri sendiri dan belajar beberapa hal juga.

Target yang Dilakukan untuk Tahun Ketujuh BJB


Meningkatkan Skill Dokkai dan Kaiwaryoku

Berkaca dari hasil JLPT N2-ku kemarin , meski sukses lulus tetapi nilai dokkainya sungguh rendah. Cuma sanggup nilai 19/60 kurang satu poin aja saya gak bakalan lulus. Kaprikornus , ke depannya saya ingin konsentrasi memajukan skill dokkai (reading) ku. Selain dokkai saya juga merasa sungguh lemah kaiwaryoku-nya (skill berbicara).

Sebenarnya bukan hanya pakai bahasa Jepang , bahkan ngomong dengan bahasa Indonesia aja saya merasa masih kurang baik komunikasinya😣. Gak sejago pada lazimnya orang kalau ngobrol dengan orang lain. Untuk memajukan skill dokkai saya akan baca-baca informasi harian bahasa Jepang. Kadang di web NHK News dan web koran Jepang lainnya.

Selain untuk dokkai , kadang saya menulis textnya juga agar sekalian melatih kesanggupan menulis. Soalnya kadang saya masih lupa cara penulisan kanjinya kalau tidak melihatnya eksklusif XD. Semoga nanti bahasa Jepangku bisa membaik ya.

Menata dan Memperbarui blog BJB

Masih sama menyerupai target tahun-tahun sebelumnya. Kali ini juga ingin lebih sering update blog BJB lagi🤣. Semoga gak kayak tahun-tahun sebelumnya yang target ini senantiasa gak tercapai.

Gak perlu muluk-muluk sih , setidaknya bisa posting 3-4 postingan dalam sebulan sudah cukup. InsyaAllah kali ini bisa terwujud.

Mulai Bikin Konten Youtube

Ada hasrat untuk bikin konten youtube? Kalau hasrat sih niscaya ada , tetapi sehabis mikir-mikir dan kayaknya cukup repot , kawasan , alat dan waktu luangnya juga agak sulit sih. Kaprikornus , hingga bertahun-tahun hasrat tersebut belum ingin kurealisasikan.

Tapi kalau kucoba realisasikan nampaknya kalau sukses itu akan menghasilkan kemajuan yang signifikan untuk proses belajarku. Aku percaya kalau saya bisa bikin konten youtube yang berkualitas itu akan memajukan kesanggupan kaiwaryoku-ku. Selain itu , secara tak eksklusif akan melatih kesanggupan publik speaking juga kan.

Jadi , dalam beberapa bulan ini saya menyisakan duit , ditabung untuk berbelanja perlengkapan sederhana bikin youtube. Rencanaku mulai bikin video di bulan Mei / Juni tahun ini , sehabis idul fitri tahun ini lah. Doain ya mudah-mudahan bisa.

Kuncinya sih tinggal keberanianku aja buat mengatakan di depan kamera dan menerangkan materi-materi bahasa Jepang secara verbal. Yosh , mesti semangat dan mesti lebih berani lagi. Ini juga demi melatih skill bicaraku , baik bicara bahasa Indonesia dan juga Jepang. Kalau di blog ini saya mengawali dari nol , dari kesanggupan bahasa Jepangku yang sungguh pemula. Kalau youtube saya bisa memulainya dari level menengah , jadi mesti bisa💪 Yuuki o dashite , Riizhu-kun , ganba!!. Bismillah.
Baca Juga

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ulang Tahun Keenam Bahasa Jepang Bareng (6年目の記念日) | Menuntut Ilmu Bahasa Jepang Bersama"

Posting Komentar